MARKETING MIX PADA CV.TANI BAGJA SUMEDANG

  • RYAN FERYANA KURNIAWAN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE) SEBELAS APRIL SUMEDANG
Kata Kunci: bisnis, marketing mix, penjualan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis danmendeskripsikanbauran pemasaran seperti Produk, Promosi, Harga, Tempat dan Distribusi pada CV. Tani Bagja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Korelasional. Seperti kita ketahui bersama pupuk, bibit, pakan ternak, obat hama, dsb yang berhubungan dengan pertanian di Indonesia pasti selalu dibutuhkan, mengingat bahwa negara Indonesia adalah negara Agraris dimana sebagian besar masyarakat Indonesia adalah Petani, wilayah Indonesia yang beriklim tropis dan dilalui garis katulistiwa tidak menutup kemungkinan Indonesia dapat memanen hasil tani tiga sampai empat kali panen dalam satu tahun. Apalagi wilayah Indonesia dikelilingi gunung berapi yang menjadikan tanah di Indonesia sangat subur dan kaya akan unsur hara. Melihat dari kondisi tersebut sepertinya bisnis dalam bidang hal ini tidak akan pernah redup. Tetapi tetap saja jika tidak mampu menciptakan pelanggan bisnis juga akan gulung tikar dengan sendirinya.

Dalam berbisnis, marketing merupakan sebuah ujung tombak yang menentukan maju mundurnya sebuah peusahaan. Untuk itu, dalam bidang pemasaran, kondisi paling sulit adalah mempertahankan konsumen untuk selalu menggunakan produk dari penjual, atau yang disebut dengan loyalitas pelanggan.

Untuk mampu menciptakan loyalitas pelanggan tersebut, para pengusaha perlu memiliki suatu strategi pemasaran yang jitu dalam memasarkan produknya. Salah satu bentuk strategi pemasarn yang mampu mendukung dalam memasarkan produk untuk menciptakan loyalitas konsumen adalah penggunaan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang meliputi product, price, promotion, dan place. Jika konsumen mendapatkan kepuasan terhadap produk yang di jual, maka mereka akan loyal. Jika terwujudnya loyalitas pelanggan, maka akan berimbas terhadap peningkatan penjualan.

Diterbitkan
2020-04-24