ANALISIS PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA CV REGINA MOTOR SUMEDANG

  • SUTOPO SUTOPO STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG
Kata Kunci: Segmentasi Pasar, Volume Penjualan, Sepeda Motor

Abstrak

Persaingan  pasar  yang  semakin  ketat  yang  secara  tidak langsung akan mempengaruhi suatu perusahaan dalam mempertahankan pangsa pasar. Untuk dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat, maka produsen dituntut lebih kebutuhan dan keinginan konsumen terutama pada strategi untuk mempertahankan konsumennya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Pengumpulan data diperoleh   melalui observasi, dan penyebaran angket dibagikan  keapda 30 responden yang merupakan jumlah keseluruhan populasi, karena teknik yang digunakan adalah sampling jenuh. Hasil analisis dari jawaban responden menunjukan variabel segmentasi pasar berada pada kategori baik yaitu 67,52% dibuktikan dengan dari kriteria ideal yang diterapkan dinyatakan diterima dan volume penjualan berada pada kategori baik yaitu 65,23% dibuktikan dengan yang menyatakan volume 45% dari nilai kriteria ideal yang diterapkan dinyatakan diterima. hasil perhitungan uji t diperoleh thitung sebesar 0.68   gambar nilai berada pada interval 0,60 - 0,79 (Kategori Kuat), maka dinyatakan terdapat  hubungan  yang  posistif  dan  signifikan  antara  segmentasi  pasar terhadap  volume  penjualan  diterima.  Hasil  perhitungan  uji  t  diperoleh  thitung sebesar 4,93 dan ttabel sebesar 2,05 yang artinya thitung > ttabel, dengan demikian terdapat  pengaruh  yang  positif  dari  segmentasi  pasar  terhadap  volume penjualan.

Diterbitkan
2019-12-02