PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN IMPLIKASINYA PADA MINAT BELI ULANG (Suatu Survey pada Konsumen Sepeda Motor di JG Motor Group Wilayah Bandung)

  • Yayat Ginanjar
Kata Kunci: kualitas pelayanan, citra toko, keputusan pembelian, minat beli ulang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh
kualitas pelayanan dan citra toko terhadap keputusan pembelian dan implikasinya
pada minat beli ulang (suatu survey pada konsumen sepeda motor di JG Motor Group
Wilayah Bandung)”. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam
pengembangan ilmu manajemen, terutama manajemen pemasaran dan lebih khusus
lagi mengenai kualitas pelayanan, citra toko, keputusan pembelian, dan minat beli
ulang. Penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan dalam mengidentifikasi variabel dan
indikator penentu layanan dan citra toko serta keputusan pembelian dan minat beli
ulang konsumen dalam sebuah pengelolaan perusahaan yang memiliki intensitas
persaingan yang ketat. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan verifikatif,
sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dan
survey eksplanatori. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan
menggunakan kuesioner disertai dengan teknik observasi. Pengumpulan data di
lapangan dilaksanakan pada tahun 2013. Analisis data menggunakan Analisis SEM
(Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan
dan citra toko dinilai oleh sebagian besar konsumen sudah baik, begitu juga mengenai
keputusan pembelian konsumen dan minat beli ulang pada JG Motor Group Wilayah
Bandung. Kualitas pelayanan dan citra toko mempengaruhi keputusan pembelian baik
secara simultan maupun parsial, serta keputusan pembelian mempengaruhi minat beli
ulang konsumen pada JG Motor Group Wilayah Bandung.

Diterbitkan
2019-05-21