IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) MELALUI KEMITRAAN MASYARAKAT UNTUK MEWUJUDKAN PEMBERDAYAAN EKONOMI PT. SARANA BERKAH NIAGA (CSR Program Kemitraan Pemberdayaan Booth Sabana Fried Chicken Di Wilayah Purwakarta, Bandung, Cimahi, Garut dan

  • JOKO DWIHARYONO STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG
  • TINA PEBIANTI STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG
  • MUHAMMAD HADEN AULIA HUSEN STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG
  • DENI HANDAYANI STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG
  • ARIEF RESPATI STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Fried Chicken, Kemitraan

Abstrak

Keberlangsungan perusahaan bertumpu utama pada kepercayaan masyarakat. Melalui
kepercayaan masyarakat tersebut suatu perusahaan dapat terus hidup, mengembangkan produk
dan jasanya. CSR menjadi suatu wujud investasi jangka panjang perusahaan untuk dapat membina
hubungan yang harmonis dengan lingkungannya. Salah satu perusahaan yang sukses dalam
menyelenggarakan program CSR adalah PT. Sarana Berkah Niaga dengan mengusung merek
dagang Sabana Fried Chicken. Dalam penelitian ini, penulis memiliki tujuan untuk mengetahui
bagaimana pelaksanaan kegiatan CSR PT. Sarana Berkah Niaga, khususnya Program Kemitraan
Permberdayaan Booth Sabana Fried Chicken di wilayah Purwakarta, Bandung, Cimahi, Garut,
dan Sumedang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan
jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Penelitian
kepustakaan akan berhubungan dengan data-data yang bersumber dari berbagai dokumen
tentang program CSR, literatur kebijakan publik, serta teori tentang kesejahteraan
ekonomi masyarakat. Kesimpulan yang dapat diambil adalah (1) Bahwa pelaksanaan CSR
Program Kemitraan Permberdayaan Booth Sabana Fried Chicken berkaitan erat dengan kegiatan
eksternal relation. PT.Sarana Berkah Niaga yang menaungi Sabana Fried Chicken selain
berperan sebagai pelaksana juga berperan sebagai Public Relation (PR) yang melaksanakan
fungsi penyampai informasi, monitoring, memperbaiki citra, melaksanakan tanggung jawab sosial
dan melakukan komunikasi. (2) Implementasi untuk ketercapaian tujuan dan sasaran program ini
belum dapat tercapai hal ini dapat dilihat dari data peserta kemitraan, terlihat peserta kemitraan
yang produktif lebih sedikit dibanding peserta kemitraan yang tidak produktif

Diterbitkan
2021-07-01