ANALISIS SEGMENTING TARGETING POSITIONING TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA PT. MANDALARAYA PILAR SAKTI (TUPPERWARE) SUMEDANG

  • MUHAMAD YOGI SIDRAJAT STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG
  • EKA SEPTIARINI STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG
  • OKTAVIANI HIDAYAT STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG
  • AYI SUBHAN HAFAS STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG
  • HENDRI HARYANTO STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG
Kata Kunci: segmenting, targetig, positioning

Abstrak

Fokus penelitian ini untuk menganalisis segmenting, targeting dan positioning terhadap tingkat penjualan
Pada PT. Mandala Raya Pilar Sakti (Tapperware Sumedang). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
bagaimana penerapan segmenting, targeting dan positioning serta upaya – upaya yang dilakukan dalam
pelaksanaan tingkat penjualan serta bagaimmana mengatasi permaslahan pada segmenting, targeting dan
positioning Pada PT. Mandala Raya Pilar Sakti (Tapperware Sumedang).. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan strategi pemasaran sebagai variabel penelitiannya.
Pengumpalan data penelitian dilakukan dengan secara triangulasi (gabungan observasi, wawancara,
dokumentasi). Teknik sample dilakukan dengan teknik purvosive sampling. Yang dijadikan sebagai
informan adalah: di PT Mandala Raya Pilar Sakti (Tupperware) Sumedang yang berlokasi di ruko
perumahan angkrek regency no 2 jl. Angkrek, 45621. Untuk subjek penelitian atau informan penelitian
dipilih berdasarkan pada pertimbangan bahwa informan penelitian dapat memberikan informasi yang
selengkap-lengkapnya dan relevan dengan tujuan penelitian. Data penelitian dianalisis secara kualitatif
menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah – langkah pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Cara yang digunakan untuk menguji validitas data adalah teknik
trianggulasi. Startegi pemasaran dianalisis melalui dimensi strategi produk, startegi harga, strategi tempat
dan strategi promosi. Hasil penelitian menunjukan bahwa segmenting, targeting dan positioning terhadap
tingkat penjualan yang dilakukan oleh PT. Mandala Raya Pilar Sakti (Tapperware Sumedang) sudah efektif
dimulai dari segmenting berdasarkan geografis yang melakukan pemasarannya di Sumedang Kota,
Majalengka dan Kuningan tapi lebih fokus di Sumedang Kota. Demografis semua kalangan menjadi
konsumen namun lebih fokus ke perempuan, ibu rumah tangga. Psikografis berdasarkan kebutuhan
konsumen dan gaya hidup, dan segmen Perilaku Penggunaan dan Pengetahuan yang menjadi fokus
konsumen terhadap produk. Pelaksanaan targeting yang memilih Targeting Pemasaran tanpa diferensiasi
yaitu semua kalangan menjadi target pasar perusahaan , hal ini karena produk dari tupperware
menyediakan untuk semua kalangan. Pelaksanaan Positioning berdasarkan atributdan manfaat desain dari
produk tupperware ini sangatlah beragam semua kalangan pun ada, manfaatnya sudah jelas, dan pelayanan
yang sangat baik.

Diterbitkan
2021-07-01