Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Clothing MOXIE INC Cabang Bandung

  • RYAN FERYANA KURNIAWAN STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG
Kata Kunci: brand image, keputusan pembelian

Abstrak

Fokus permasalahan tentang penjualan online pada Clothing MOXIE INCCabang Bandung belum optimal terlihat dari target dan realisasi penjualan selama lima tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui brand image, keputusan pembelian dan pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian pada Clothing MOXIE INCCabang Bandung.Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian deskriptif dengan teknik analisis kuantitatif, dilakukan melalui metode survey. Teknik pengumpulan data dianalisis dengan cara observasi dan kuesioner. Populasi adalah pelanggan pada Clothing MOXIE INCCabang Bandung tahun 2019 sebanyak 12.302 orang (offline dan online) dan sampel penelitian sebanyak 99 orang.Data penelitian menggunakan analisis regresi sederhana, uji korelasi, koefisien determinasi serta uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image sebesar 6.737 (sangat baik) dengan rata-rata sebesar 85,06%, keputusan pembelian sebesar 5.048 (sangat baik) dengan rata-rata sebesar 84,98% selanjutnya hubungan brand image dengan keputusan pembelian pada Clothing MOXIE INCCabang Bandung sebesar 0,792 (hubungan kuat), dan besarnya pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian pada Clothing MOXIE INCCabang Bandung sebesar 62,8 % (kuat) dan masih ada 12,79% faktor lain. Hasil perhitungan uji hipotesis, ternyata t hitung(20,92) > t tabel(1,66071), dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara brand image terhadap keputusan pembelian pada Clothing MOXIE INCCabang Bandung dapat diterima. Brand image sangat penting bagi suatu perusahaan untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri konsumen saat menggunakan produknya.Brand Image besar pengaruhnya terhadap perkembangan perusahaan.

Diterbitkan
2021-07-01