PENGARUH MEKENISME PEMBELIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK VOUCHER PULSA & INTERNET (STUDI PADA PELANGGAN BANDUNG TIMUR)

  • DESAN HENRIAWAN STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Pulsa, Internet, Mekanisme pembelian

Abstrak

Perilaku konsumen dalam hal membeli voucher pulsa & paket internet sudah cukup beragam. Pengguna operator seluler kini tidak harus ke counter pulsa lalu menanyakan stok pulsa & paket internet yang tersedia, mereka dapat mengakses melalui smartphone atau personal komputer dengan akses internet. Mekanisme pembelian online mulai memberikan dampak terhadap efisiensi & efektifnya transaksi pembelian pulsa & paket internet. Menjadi hal penting untuk stakeholder dalam bidang bisnis tersebut untuk mengetahui seberapa berpengaruh mekanisme pembelian online terhadap keputusan pembelian yang dilakukan para pengguna operator seluler.

Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan hasil nilai korelasi sebesar 0,667 antara variabel mekanisme pembelian online pulsa dengan keputusan pembelian voucher pulsa & internet. Jika dilihat dari perolehan r square atau koefisien determinasi menunjukan model regresi ini memiliki nilai sebesar 44,6%. Dapat ditafsirkan pengaruh variabel mekanisme pembelian online pulsa terhadap keputusan pembelian voucher pulsa & internet cukup kuat yaitu sebesar 44,6%, walaupun sekitar 55,4% dipengaruhi variabel lain.

Diterbitkan
2021-07-01